Sabtu, 31 Januari 2009

contoh sederhana pembuatan laporan praktek lapangan

Hal.
Halaman Judul
Lembar pengesahan 2
Kata pengantar 3
Daftar Isi 4
BAB I : PENDAHULUAN
a. Latar Belakang 4
b. Alasan Memilih Obyek Usaha 4
c. Maksud dan Tujuan Pelaksanaan PPL di Obyek Usaha 5
d. Target Pasca PPL 5
BAB II : PROFIL PERUSAHAAN
a. Nama dan Alamat Perusahaan 7
b. Sejarah Berdirinya Perusahaan 7
c. Produk dan Jasa Perusahaan 8
d. Struktur dan Organisasi Kerja 10
BAB III : PELAKSANAAN PPL
a. Deskripsi Manajemen Produksi 20
b. Deskripsi Manajemen Pemasaran 20
c. Deskripsi Manajemen Sumber Daya Manusia 22
d. Deskripsi manajemen Keuangan 23
BAB IV : PEMBAHASAN
a. Analisis dan Solusi Dalam Manajemen Produksi 25
b. Analisis dan Solusi Dalam Manajemen Pemasar 25
c. Analisis dan Solusi Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia 26
d. Analisis dan Solusi Dalam Manajemen Keuangan 27
e. Analisis SWOT 27
BAB V : PENUTUP
a. Kesimpulan 28
b. Saran dan Rekomendasi Bagi Perusahaan 28
c. Saran Bagi Kegiatan PPL Mendatang 29
Lampiran




BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Praktek Pengalaman Lapangan atau PPL merupakan kegiatan diluar akademik yang mana menguji mental kita pada realita yang sebenarnya. Sudah 6 semester kita menelan teori-teori yang diberikan dosen dibangku kuliah dan saat inilah kita menguji teori yang telah kita dapat. Dengan harapan kita bisa menerapkan apa yang telah kita dapat dibangku perkuliahan.
PPL tahun ini berbeda dengan PPL tahun-tahun sebelumnya, yang mana dari pihak jurusan yang menentukan objeknya. Untuk tahun ini PPL disekelenggarakan secara mandiri. Jadi, mahasiswa diberi kebebasan untuk menentukan objek temapat PPL yang dituju sesuai minat masing-masing. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan bakat dan minat bahkan mungkin cita-cita kedepan untuk membangaun usaha yang diidam-idamkan dengan belajar ditempat perusahaan yang mendukung cita-citanya tesebut.
. Dalam hal ini penulis mencoba mengambil objek PPL ditempat Arafah yang merupakan perdagangan yang berbasis syari’ah. Objek ini dari tahun-ketahun selalu mengalami perkembangan dari distributor buku dan sekarang mempunyai banyak sektor usaha yang dijalankan, terutama toko buku yang mengawali usaha tersebut. Arafah telah merubah dirinya menjadi sentra beli buku baru dikota Solo. Posisi yang berdekatan dengan ponpes Al-Mukmin cukup menguntungkan penjualan buku Islam. Karena memang seharusnya intelektual, kalangan pesantren sangat haus dengan buku-buku bermutu.
Sebagai toko buku yang memiliki basis komunitas muslim pecinta buku. Toko buku arafah memiliki berbagai program dan acara regular seperti bedah buku, pemutaran film, talk show, diskusi buku, temu penulis serta berbagai acara lain. Berangkat dari satu lokasi dingruku cemani Solo, toko buku Arafah akan segera meluaskan jaringannya untuk menjangkau wilayah komunitas buku.

B. Alasan memilih Toko Buku Arafah
Alasan penulis memilih obyek PPL di Arafah diantaranya sebagai berikut :
1. Dalam hal ini penulis memilih objek PPL dibidang perdagangan karena bidang ini merupakan usaha yang ditekuni di rumah
2. Penulis ingin mengetahui manajeman dalam dunia perdagangan baik dari sisi produksi, pemasaran, SDM dan laporan keuangan
3. Penulis ingin mengtahui bagaimana manajemen yang diterapkan pedagang tradisional dengan pedagang yang manajemennya sudah tertata
4. Mencari perusahaan yang menerapkan prinsip syariat Islam seperti Toko Buku Arafah ini

C. Maksud dan tujuan pelaksanaan PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan ) di Toko Buku Arafah
Maksud dan tujuan penulis melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan di Toko Buku Arafah adalah sebagai berikut :
1. Menumbuhkan jiwa kemandirian dengan entrepreneur
2. Mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan unit usaha khususnya dibidang perdagangan
3. Mendapatkan pengalaman praktis aplikasi dan implemtatif dalam rangka pengembangan ilmu yang dimiliki
4. Membina dan mengembangkan sikap, perilaku dan etos profesionalisme yang Islami pada mahasiswa karena didukung lingkungan yang berada disekitar pondok pesantren
5. Mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia bisnis dengan mendirikan unit usaha sesuai program Praktek Pengalaman Lapangan yang dikendaki
6. Mempelajari masalah nyata dalam proses managemen dan mencari alternative pemecahan masalah
7. Untuk melengkapi syarat laporan PPL mandiri mahasiswa STAIN khususnya Jurusan Ekonomi Islam

D. TARGET PASCA PPL
Setelah melaksanakan kegiatan PPL ( raktek pengalaman lapangan ) di Toko Buku Arafah, maka penulis memiliki target sebagai berikut :
1. Mewujudkan jiwa kemandirian sebagai entrepreneur
2. Mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari tempat PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan )
3. Dengan adanya PPL Mandiri dapat memperluas jaringan kerja sama antara STAIN Surakarta khususnya Jurusan Ekonomi Islam dengan Toko Buku Arafah
4. Mahasiswa mampu menganalisis managemen produksi, managemen pemasaran, managemen SDM ( sumber daya manusia ) dan managemen keuangan
5. Dapat membuka unit usaha yang serupa guna mengembangkan praktek dan teori yang diperoleh.


BAB II
PROFIL PERUSAHAAN

A. Nama dan alamat Perusahaan
Nama perusahaan : Toko Buku Arafah
Alamat perusahaan : Kantor Pusat Jl. Lurik No.17 Ngruki Cemani Sukoharjo 57552
Telp / fax : (0271) 726452
Marketing Mobile : Hp. 085293285430

B. Sejarah berdirinya Perusahaan
Setiap benih, pasti akan tumbuh. Berkembang menjadi pohon tinggi menjulang. Demikian juga harapan untuk sebuah icon bisnis Islami, arafah group dikota Solo. Seperti benih yang disemai, setiap pelakunya berharap bisa tumbu menjadi pohon yang rindang dan menjulang. Sehingga member manfaat untuk kehidupan sekitarnya.
Pada awal beridirnya Arafah Group merupakan badan usaha berbentuk CV. Beridir atas nama hobi, dari susut pinggiran kota Solo, mengais rejeki yang tersisa dari pergulatan ekonomi yang sudah ada. Usatadz Abdul Kholik, sosok yang tidak bisa dilepaskan dari Arafah group. Mengawali bisnis dengan usaha distributor buku, menyuplai kebutuhan buku untuk para kolega semasa dipesantren. Bersama pak Tri Asmoro Kurniawan, bahu-membahu menjalankan bisnis ini mulai dari nol. Usaha ini dirintis bersamaaan dengan produsen dan agen khusus al-Hars. Menancapkan pondasinya sebelum tahun 2000 dari bertempat di Jl. Kaharmuzakar no 45 Surakarta Jawa Tengah. Lokasi ini termasuk berada dipinggiran kota Solo bersebrangan dengan kota Sukoharjo.
Mulai menerbitkan buku. Insting bisnis memang selalu menyisakan energy lebih untuk berkembang. Hal ini juga nampaknya dimilki oleh dua pengusaha ini. Tidak puas dengan mendistribusikan buku, mereka memutuskan untuk mengembangkan ushanya dengan menerbitkan produk cetak berupa stiker, memo, kertas surat, agenda muslim dan beberapa pernak-pernik marchandise Islami lainnya. Produk-produk ini menarik dipasaran. Dengan bendera merk Qisty Saufa Abadi, produk mereka membanjiri pasran. Bahkan banyak oranmg yang merasa terbantu dengan produk-produk semacam itu ditengah produk Islami sejenis.
Stiker-stiker yang diproduksi sempat menjadi market leader dikalangan aktifis pengajian. Bagi mereka yang mencintai marchaidise Islami, stiker-stiker itu diburu hingga ditunggu edisi yang baru. Hal ini juga berlaku untuk produk lainnya.
Buku yang pertama diterbitkan adalah buku yang berjudul Tazkiyatun Nafs tulisan Ibn Qoyyim Al-Jauziyyah dan Imam Al-Ghozali. Buku ini sangat fenomenal karena sampai hari ini mengalami cetak ulang. Buku ini juga menjadi starting poin yang sangat signifikan sebagai usaha yang akan datang.
Arafah Pindah mulai bulan Agustus 2000, Arafah Group menempati sebuah rumah di Jl. Semenromo Gg. Mawar no. 9 RT 5/17 Ngruki, Cemani Grogol, Sukoharjo. Ditempat inilah posisi arafah lebih strategis. Dari bilik-bilik kecil yang disulap menjadi toko buku Islam. Arafah telah merubah dirinya menjadi sentra beli buku baru dikota Solo. Posisi yang berdekatan dengan ponpes Al-Mukmin cukup menguntungkan penjualan buku Islam. Karena memang seharusnya intelektual, kalangan pesantren sangat haus dengan buku-buku bermutu.
Ditempat inilah toko buku Arafah bertahan selama beberapa tahun. Sehingga memiliki pelanggan yang loyal dan mengemas jualannya diskon yang besar dari pada yang lain. Siakon yang besar menjadi magnet yang besar bagi pelanggan untuk selalu hadir ditoko buku mungil ini. Took buku ini awalnya hanya unuk mendisplay buku-buku yang ada digudang sebelum didistribusikan kea gen. namun nampaknya minat mayarakat buku diSolo terhadap buku sangat besar. Sehingga took ini semakin maju.
Dan benih itupun semakin tumbuh. Kini konsentrasi Arafah bertambah pada unit usaha baru. Yaitu usaha penerbitan yang mulai diseriusi bendera penerbitan yang biasanya hanya Pustaka Arafah kini melebar kebeberapa sayap imprint, mulai dari samudra, Granada, Islamika, hingga Media Zikir. Karena minimnya tempat, akhirnya penerbitan harus berpindah-pindah kantor. Sementara toko buiku mengalami renovasi yang cukup draktis agar bisa banyak member pelayanan kepada pelanggannya. Sekarang ini Arafah Group berkantor di Jl. Lurik No 17 Cemani Grogol Sukoharjo. Arafah resmi menjadio CV pada tahun 2002 dengan membuka dua bidang usaha agen buku-buku Islam. CV ini tercatat dikantor notaris Rofian Amianto, SH dengan nomer2/13/3/2003. Di tengah ketatnya peresaingan di bidang penerbitan dan pemasaran produk-produk Islam saat ini, manajemen CV Arafah Group terdorong untuk bekerja lebih professional dengan memiliki took buku baru dan kantor baru. Dengan nuansa Arafah Syari’ah Square, Arafah Group ini ingin bergerak maju. Menyajikan lokasi yang lebih pas unutk keluarga muslim yang berburu ilmu sekaligus mendapatkan hiburan yang halal pelepas lelah.
Kini Arafah Syari’ah Square diproyeksikan menjadi tempat yang asyik untuk berbagi ilmu pengetahuan keislaman. Nuansa modern bersahabat, menyediakan beberapa spot tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada barbershop minimalis yang menyediakan potong rambut dan pijat kepala bagi para bapak-bapak dan kaum pria yang mendambakan kenyaman stelah lelah bekerja. Ada Foto Copy, kafe toko buku yang nikmat dan halal, reader coner untuk para ibi-ibu dan para remaja yang menginginkan privasi selama menikmati buku-bukubermutu ditoko buku. Sehingga ibu-ibu bisa labih leluasa memantau anak-anak.
Selain memiliki toko buku dan penerbitan, Arafah Group melebarkan sayapnya dibidang fashion muslim dan lembaga keuangan syari’ah. Yaitu Rafa fasion yang menyediakan aneka kaos dan BMT Arafah yang saat ini mulai berkembang. Diharapkan semuanya menajdi satu-kesatuan yang bahu-membahu memajukan ummaat dimasa mendatang
Toko buku Arafah dirancang sebagai toko buku berbasis syari’ah dan bersifat terbuka. Dikomplek Arafah Syariah Square yang resmi dibuka 27 Juli 2008. Toko buku Arafah berhasil mengubah image toko buku gaya konvensional yang hanya menyajikan buku serta stationery dengan konsep toko buku modern yang menyediakan ruang multiguna dan berbagai fasilitas ynag lain. Seperti café, ruang diskusi, foto copydan barbershop. Tidak hanya menjual buku, toko buku arafah juga menyediakan produk obat-obatan herbal, alat-alat kesehatan, produk perawatan tubuh, produk fasion, souvenir, alat tulis dll. Memasuki toko buku, para pelanggan akan langsung menemukan kenyamanan. Desain toko dengan permainan elemen arsitektur Islami, mengkombinasikan beragam spesifikasi terintegrasi dan fleksibel. Tataletak merchandise menampilkan rak atau showcase yang diintegrasikan dengan partisi / dinding serta pencahayaan yang semakin dinamis dan memberikan efek sejuk meski terang. Pencahayaan dan perangkat lampu idbeberapa zona merchandise hanya menampakkan berkas cahaya, sehingga bidang elemen dan ruang keseluruhan terlihat bersih.
Sebagai toko buku yang memiliki basis komunitas muslim pecinta buku. Toko buku arafah memiliki berbagai program dan acara regular seperti bedah buku, pemutaran film, talk show, diskusi buku, temu penulis serta berbagai acara lain. Berangkat dari satu lokasi dingruku cemani Solo, toko buku Arafah akan segera meluaskan jaringannya untuk menjangkau wilayah komunitas buku. Di Indonesia.

C. Produk dan Jasa Perusahaan
Arafh tahun lalu berbeda dengan tahun sekarang yang mempunyai 9 Unit Usaha yaitu ;
A. Penerbitan
B. Toko Buku
C. BMT Arafah
D. Rafa Fasion
E. Arsitektur Islami
F. Babershop
G. Café Islami
H. AIUEO
I. ABC (Arafah Bisnis Center)
Untuk produk-produk yang berada ditoko buku antara lain ;
1. Buku-buku (yang mayoritas berisi keagamaan)
2. Thibunnabawi (obat-obatan yang disunnahkan seperti madu, zaitun, kurma, siwak dll)
3. Rafa (baju/kaos bercorak Islami, baju muslim, peci dan beberapa busana muslim)
4. Fotocopy

D. Sruktur dan Organisasi Kerja Toko Buku

(struktur kepengurusan sebuah perusahaan dalam hal ini berbentuk bagan)

JOB DESCRIPTION
DEPARTEMENT SHOW ROOM
TOKO BUKU ARAFAH SYARI’AH SQUARE

MANAJER SHOWROOM : Muh. Adib Sutyaji
1. Bertangungjawab terhadap departemen yang dibidangnya.
2. Melaporkan hasil kinerja kepada atasannya, yakni Direktur.
3. Menyusun strategi teknis (goal setting departemen) berdasarkan pengarahan strategis goal setting atau targetting dari direktur utama perusahaan.
4. Melakukan distribusi dan kontrol pekerjaan terhadap Supervisor serta staff di bawahnya.
5. Merencanakan Anggaran Belanja Showroom.
6. Menetukan arah dan tujuan showroom dalam jangka panjang dan menjabarkan dalam rencana pelaksanaan jangka pendek.
7. Membuat kebijakan-kebijakan operasional untuk merealisasikan tujuan jangka pendek.
8. Melakukan koordinasi dengan supervisor bidang dan memberikan wewenang khusus,serta meminta pertanggungjawabannya dalam pelaksaaan kerja harian.
9. Merencanakan dan menyusun model pengembangan dan strategi bisnis pada showroom.
10. Mengusulkan kepada direktur varian atau manajemen perusahaan pengembangan model bisnis tambahan, untuk kepentingan pertumbuhan omzet dan pengunjung.
11. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian calon karyawan dan atau karyawan showroom.
12. Bersama lintas departemen promosi melakukan kerjasama untuk melakukan branding dan iklan

SUPERVISOR FRONT OFFICE : Sigit Haryo Seno
1. Supervisi internal frontoffice
2. Menjalin kerja-sama dan hubungan saling menguntungkan dengan mitra usaha/suplier :
a) Selalu dapat bekerjasama dengan suplier.
b) Mengerti mengenai produk-produk yang berasal dari berbagai suplier.
3. Membuat program-program kegiatan yang berdasar pada program manajer dan mengkoordinasikan dengan bawahan dan lintas bagian.
4. Melaporkan, memonitor dan mengevaluasi hasil pelaksanaan program-program serta mempertanggungjawabkan kegiatan bagian.
5. Monitoring (pengawasan) kinerja staff harian.
6. Memberikan usul dan masukan sebagai bahan pertimbangan manajer Showroom.
7. Pelayanan pelanggan standar, meliputi :
a) Menyambut setiap pelanggan dengan senyum, salam dan sapa (3S).
b) Membantu dalam menawarkan manfaat produk kepada pelanggan.
c) Menyarankan produk alternatif atau pelengkap kepada pelanggan.
d) Menawarkan penggunaan kantong belanja
e) Siap membantu pelanggan yang kesulitan mendapatkan produk yang diinginkan
f) Menjaga komitmen dan janji kepada pelanggan, sehubungan program-program unggulan yang ditawarkan Toko Buku.
g) Mendahulukan melayani pelanggan daripada pekerjaan administratif dan mengisi rak-rak.
h) Bersikap menghormati semua pelanggan secara sama tanpa memandang penampilan, umur, suku, status, atau berapa rupiah yang dibelanjakan.
i) Siap menyusul pelanggan yang terlupa atau ada barang yang tertinggal.
8. Pemeliharaan produk, peralatan dan sarana prasarana :
a. Mengatur sirkulasi keluar masuk barang ke showroom dan menjaga kerapian display produk.
b. Klasifikasi produk sesuai dengan jenis produk.
c. Pemeliharaan kebersihan dan atmosfir area showroom yang berkenaan dengan aspek visual, tactile (sentuhan), olfactory (aroma) dan aural (suara).
9. Mengenali produk-produk showroom (product knowledge), terlebih dengan produk-produk baru.
10. Merencanakan, membuat dan mengatur layout display yang menarik dan ciri khas TB. Arafah
11. Mengatur jadwal shift personil front office setiap bulannya,agar tetap berjalan sesuai harapan.
12. Bertanggungjawab terhadap produk yang ada didaerahnya,bersama dengan supervisor yang lain.
13. Memberikan masukan promo-promo untuk meningkatkan penjualan
14. Tim Promo bagi showroom bersama : Supervisor Back Office, Pembelian Penjualan dan Customer Service

KASIR : Fauzan Hamam dan Sri Jatmiko
1. Pelayanan pelanggan standard, meliputi :
a. Pelayanan transaksi yang tulus, trampil, sigap dan ramah.
b. Menawarkan fasilitas-fasilitas tambahan yang diberikan Toko Buku (sampul, stiker, pembatas buku, dll)
c. Menutup transaksi dengan santun. Mengungkapkan penghargaan kepada pelanggan dengan mengucapkan terima kasih, menyebut nama dan mengundangnya untuk datang kembali
d. Menyambut setiap pelanggan dengan senyum, salam dan sapa (3S).
2. Kontrol pengadaan uang receh
3. Menyusun laporan transaksi harian dan bertanggungjawab dengan kas kasir.
4. Mengenali produk-produk showroom (product knowledge).
5. Bertanggungjawab terhadap transaksi yang dilakukan oleh kasir
6. Bertanggungjawab terhadap produk yang ada dishowroom
7. Membantu bagian pembelian dalam pemenuhan produk dishowroom

SUPERVISOR BACK OFFICE : Sjaiful Anwar
1. Supervisi internal backoffice
2. Menjalin kerjasama dan hubungan saling menguntungkan dengan mitra usaha/supplier :
a) Selalu dapat bekerjasama dengan suplier.
b) Mengerti mengenai produk-produk yang berasal dari berbagai supplier.
c) Membantu dan menyegerakan pemesanan (order) barang ke agen/supplier baik melalui fax atau langsung terhadap produk yang diperkirakan akan habis.
d) Pricing (penetapan harga jual produk).
3. Membuat program-program kegiatan yang berdasar pada program manajer dan mengkoordinasikan dengan bawahan dan lintas bagian.
4. Melaporkan, memonitor dan mengevaluasi hasil pelaksanaan program-program serta mempertanggungjawabkan kegiatan bagian.
5. Monitoring (pengawasan) kinerja staff harian.
6. Memberikan usul dan masukan sebagai bahan pertimbangan manajer showroom.
7. Merencanakan dan membuat aturan main untuk pengecer dan supplier, sebagai akad kerjasama
8. Bertanggungjawab terhadap kondisi stok baik difrontoffice dan backoffice
9. Memberikan masukan promo-promo untuk meningkatkan penjualan
10. Mengelola keuangan showroom : unit-unit usaha lainnya
11. Tim Promo bagi showroom bersama : Supervisor Front Office, Penjualan, Pembelian dan Customer Service

BAGIAN KEUANGAN : Saiful Anwar
1. Menyusun laporan-laporan :
a. Laporan transaksi harian Toko Buku.
b. Laporan rugi laba (laruba) Toko Buku.
2. Merekomendasikan buku-buku yang harus segera dipesan (insidental) kepada bagian pembelian dan memberi masukan/referensi produk yang diminati pasar (kategori buku laris) dan produk baru kepada bagian pembelian.
3. Keuangan/Penjualan ke kasir :
a. Memberikan pengarahan mengenai tugas-tugas kasir.
b. Melakukan pengawasan secara langsung dan mengevaluasi kinerja Kasir.
c. Memberikan masukan-masukan terhadap petugas kasir.
4. Merencanakan anggaran pendapatan dan biaya bersama dengan supervisor, pembelian
5. Menyetujui pengeluaran uang sesuai bukti pembayaran yang sah
6. Bertanggungjawab atas proses pencatatan dan pelaporannya
7. Secara insidentil mencocokan sisa persediaan barang menurut kartu persediaan dengan kondisi fisik yang ada digudang (dilakukan bersama-sama bagian gudang)
8. menyiapkan laporankeuangan dan laporan manajemen lain secara berkala
9. Menyimpan bukti setor dan mengatur pembayaran utang pada saat jatuh tempo
10. Menyerahkan seluruh penerimaan uang kepada keuangan corporate untuk disetor brankas
11. Menerima setoran dari kasir tiap harinya
12. Menyimpan dan mempertanggungjawabkan sisa uang yang ada diperusahaan
13. Bertanggungjawab terhadap seluruh administrasi dan laporan mengenai keuangan
14. Membantu supervisor dalam melakukan control stock

BAGIAN PEMBELIAN : Dewanto Wahyu Nugroho
1. Melaksanakan Proses input nota pembelian dari suplier.
2. Menyimpan dan menjaga data/arsip mitra usaha/suplier (agen) Toko Buku.
3. Bertanggungjawab terhadap Proses input data barang yang berhubungan dengan pencatatan segala produk yang masuk (meliputi nomor suplier, kode barang, nomor item produk, dll).
4. Melaksanakan tugas-tugas administratif showroom.
a. Dokumentasi (penyimpanan arsip), meliputi : Nota pembelian, Nota barang masuk, Nota Pembayaran, Data agen/supplier, dan surat-surat berharga lainnya.
b. Rekapitulasi dan input data transaksi harian.
c. Menangani keuangan, meliputi : Mengagendakan penjadwalan pembayaran agen/supplier, rekapitulasi penjualan, dan Menyiapkan nota pembayaran.
d. Menginventarisir sarana dan prasarana (aset) show room
5. Penertiban pengelolaan papan pengumuman sebagai media informasi.
6. Monitoring sirkulasi produk showroom.
7. Mengusahakan ketersediaan/kelengkapan buku maupun produk non buku (ATK, souvenir, fesyen, tibbun, dll).
8. Menjaga ketersediaan barang pendukung (plastik bungkus, sampul, pembatas buku, dll)
9. Mencari barang-barang murah kemudian dijual lagi dengan harga murah, Pengadaan dan pemeliharaan fasilitas pendukung interior dan eksterior showroom (Pengharum ruangan, alat-alat kebersihan, dll).
10. Menyusun laporan :
a) Laporan pembelian produk.
b) Laporan jumlah pemakaian barang pendukung (bulanan)
11. Penerimaan paket barang masuk dan pengiriman produk retur.
12. Melaksanakan Proses input data barang yang berhubungan dengan pencatatan segala produk yang masuk (meliputi nomor suplier, kode barang, nomor item produk, dll) serta labelling.
13. Monitoring/Kontrol stock (persedian) produk digudang showroom.
a) Mencocokkan jumlah stok dengan database.
b) Kontrol/Monitoring barang keluar via non-kasir (pemasaran/gudang dan atau bagian lain)
14. Mengagendakan retur barang rusak :
a) Klasifikasi produk sesuai dengan jenis produk.
b) Klasifikasi produk berdasarkan nama perusahaan pengirim (nomor suplier).
15. Membuat Laporan :
a) Kontrol kesesuaian database dengan jumlah barang dan shrinkage / kehilangan (minimal kehilangan yang ditolerir tercapai).
b) Stock berdasarkan jenis item produk.
16. Bertanggungjawab terhadap kejelasan dari produk (screening) sesuai aturan perusahaan
17. Melakukan control stock dengan waktu yang telah ditentukan
18. Tim Promo bagi showroom bersama : Supervisor Front Office, Supervisor Back Office, Penjualan dan Customer Service
19. Mengendalikan produk, merencanakan pembelian produk secara efektif serta merumuskan estimasi pembelian dengan cara :
a) Mengidentifikasi produk-produk yang paling diminati pelanggan (peka terhadap produk-produk yang dicari dan diingini konsumen).
b) Mengetahui kecenderungan permintaan dan melakukan pembelian produk yang diramalkan laku di pasaran dalam jumlah besar.
c) Menilai dan mengevaluasi permintaan konsumen terhadap produk yang bersangkutan.
d) Mencari barang-barang murah untuk kemudian dijual lagi dengan harga murah dengan berbagai cara promosi untuk memikat hati konsumen

BAGIAN PEMBELIAN STAFF GUDANG, INVENTORY DAN PEMBANTU UMUM : Tugino dan Muh. Arafbiana Wargatama
1. Penerimaan paket barang masuk dan pengiriman produk retur.
2. Mengajukan permintaan pembelian bila sisa barang yang ada digudang mendekati batas minimum
3. Melakukan proses input data yang berhubungan dengan pencatatan segala produk yang masuk (meliputi nomor suplier, kode barang, nomor item produk, dll).
4. Menerima barang dari pemasok, menghitung secara fisik dengan teliti dan menyimpan pada tempat yang disediakan
5. Bertanggungjawab atas keamanan lingkungan gudang dari kemungkinan hilang,rusak atau gangguan lain
6. Mengatur dan menentukan tempat penyimpanan barang (layout gudang)
7. Menentukan jumlah maksimum dan minimum setiap jenis barang yang ada digudang
8. Mengawasi masuk dan keluarnya barang digudang
9. Secara insidentil melakukan penghitungan secara fisik atas sisa barang yang ada digudang
10. Merekomendasikan buku-buku yang harus segera dipesan (insidental) kepada bagian pembelian dan memberi masukan/referensi produk yang diminati pasar (kategori buku laris) dan produk baru kepada bagian pembelian.
11. Membuat Laporan :
a) Kontrol kesesuaian database dengan jumlah barang dan shrinkage/kehilangan (minimal kehilangan yang ditolerir tercapai).
b) Stock berdasarkan jenis item produk.
c) Membuat kartu stok gudang,dicatat setiap kali ada perubahan jumlah
12. Bertanggungjawab penuh terhadap barang yang ada digudang dan sirkulasinya
13. Melakukan cek stock barang dan pemenuhan barang yang berada dishowroom
14. Memberikan bantuan kepada bagian lain apabila diperlukan
15. Bertanggungjawab atas pengiriman barang kepada konsumen atau supplier

BAGIAN PENJUALAN : Rohmat Soekarno
1. Mempromosikan barang dan mengawasi pemenuhan pesanan yang diterima
2. Melakukan konfirmasi atas jumlah sisa piutang yang ada
3. Merekomendasikan buku-buku yang harus segera dipesan (insidental) kepada bagian pembelian dan memberi masukan/referensi produk yang diminati pasar (kategori buku laris) dan produk baru kepada bagian pembelian.
4. Melakukan evaluasi terhadap pelanggan dalam hubungannya dengan pemberian diskon dan jangka waktu kredit serta penagihan
5. Menentukan waktu pengiriman barang sesuai jadwal yang disepakati bersama konsumen
6. Mengatur fasilitas pengiriman barang kepada konsumen
7. Melaksanakan pengiriman barang kepada konsumen dan menjaga keamanan selama dalam perjalanan
8. Ikut melihat perhitungan barang yang dilakukan oleh pelanggan dan memberi paraf pada berita acara penerimaan barang (BAP)
9. Merencanakan penawaran kepada konsumen luar (seperti: perguruan tinggi, instansi, pengadaan perpustakaan masjid dan perpustakaan)
10. Membuat daftar produk per kategori,untuk digunakan penawaran ke konsumen luar
11. Menyusun laporan-laporan :
a. Rekapitulasi dan analisis jumlah pengunjung harian.
b. Daftar 10 peringkat buku terlaris di show room (2 mingguan dan bulanan).
12. Bertanggungjawab penuh pada barang yang harus dikirim ke konsumen
13. Melayani penjualan partai dan bertanggungjawab terhadap tugasnya
14. Membantu supervisor dalam melakukan control stock dan informasi produk kosong
15. Tim Promo bagi showroom bersama : Supervisor Front Office, Supervisor Back Office, Pembelian dan Customer Service

BAGIAN CUSTOMER SERVICE :
1. Melakukan fungsi media dan mengelola pusat informasi Toko Buku (call centre), meliputi :
a. Memberikan respon dan tanggapan terhadap saran dan keluhan pelanggan.
b. Melayani permintaan barang (delivery order) dan operator telefon.
c. Bertanggungjawab terhadap penerimaan surat masuk.
d. Melakukan pendataan terhadap produk atau buku-buku yang dipesan pelanggan dan menyampaikannya pada staff. (Data buku-buku yang diminta pelanggan dipisahkan berdasarkan status buku).
2. Melaksanakan program-program promotion dari manajemen Toko Buku :
a. Bertanggung jawab terhadap aplikasi ACC : menangani administrasi ACC, pendataan anggota baru, kontrol poin dan reward serta memberikan layanan informasi kepada member ACC.
b. Melaksanakan sesuai jadwal, program promosi dan publikasi program yang telah ditetapkan.
3. Menyusun laporan-laporan :
a. Pertumbuhan aktivasi member ACC.
b. Identifikasi kekurangan / kelemahan sistem pelayanan kasir.
c. Peningkatan kualitas pelayanan kasir.
4. Memberikan informasi perihal buku-buku atau produk yang banyak dicari pelanggan kepada bagian pembelian.
5. Mengenali produk-produk showroom (produc knowledge), terlebih dengan produk-produk baru.
6. Bertanggungjawab atas pelayanan yang diberikan kepada konsumen dan keinginan/masukan konsumen
7. Membina dan memelihara hubungan baik dengan :
- Public intern, yakni para konsumen toko dan tamu toko
- Publik ekstern, meliputi :
 Hubungan dengan pelanggan
 Hubungan dengan masyarakat sekitar
 Hubungan dengan pemerintah
 Hubungan dengan pers
8. Melaksanakan tugas riset, yakni Opinion Research, penelitian terhadap pendapat tamu tentang Produk dan Pelayanan Toko
9. Melaksanakan penyusunan Daftar Masalah, yang disusun berdasar data dan fakta yang riil
10. Bertindak dalam hal memberikan penerangan dan informasi kepada tamu tentang fasilitas dan juga produk toko
11. Menyelenggarakan hubungan baik dengan Mass media untuk pelaksanaan penyampaian informasi kepada masyarakat
12. Melakasanakan tugas yang diberikan manajer baik lisan maupun tertulis
13. Mempersiapkan pembuatan laporan tertulis kepada manajer
14. Menerima semua bentuk komentar dan keluhan tamu baik tertulis dan lisn
15. Melaksanakan tugas dalam rangka kegiatan dokumentasi
16. Menjaga kerahasiaan kantor baik masalah kepegawaian maupun dokumen lainnya
17. Mengatur strategi penjagaan yang efektif dan efisien, sehingga semua tempat yang dianggap rawan tidak luput dari pengawasan, bekerjasama dengan supervisor counter
18. Tim Promo bagi showroom bersama : Supervisor Front Office, Supervisor Back Office, Pembelian dan Penjualan

BAGIAN KONTROL STOCK :
1. Merencanakan jadwal kontrol stok secara random dan menyeluruh
2. Melakukan koordinasi dengan pembelian sehubungan dengan kondisi stok
3. Bertanggungjawab atas kondisi stok dan laporankontrolstok
4. Memberikan informasi kondisi stok pada manajer dan supervisor
5. Melakukan koordinasi dengan supervisor untukmengupayakan save stok
6. Checking semua kondisi fisik stok seluruh bagian dan memberitahukan ke bagian masing-masing, bila ada kejanggalan atau kekurangan

TIM R&D SHOWROOM : Bag. Penjualan, Bag. Pembelian, Customer Service, Supervisor BO dan FO,
1. Merencanakan program promo yang dapat meningkatkan penjualan showroom yang nantinya sebagai acuan dalam melaksanakan promotion
2. Membuat penelitian pengembangan showroom untuk digunakan sebagai dasar program peningkatan penjualan



BAB III
PELAKSAAAN PPL

A. Deskripsi Manajemen Produksi
Manajemen Produksi merupakan proses kegiatan manajemen dalam bidang produksi, agar tercapai tujuannya. Dengan adanya kerjasama antara bagian yang satu dengan bagian yang lain (produksi, Keuangan, Pemasaran, Personilia) maka di harapkan akan tercapai tujuan utama perusahaan. Bagian pembelian barang-barang, membeli barang-barang dengan kualitas baik, terjangkau oleh konsumen dan barang yang perputarannya sangat cepat
Penelitian dan Pengembangan Produk/barang–barang yang dijual dilaksanakan dengan cara penelitian lapangan (Survey Pasar dan Konsumen). Penelitian pasar dan konsumen menyangkut pencairan data tentang luas pasar, manfaat, usaha, kualitas, harga, barang-barang yang disukai oleh sebagian besar konsumen.
Dalam bidang perdagangan dan khususnya di toko buku ini istilah produksi bukan membuat dari barang mentah menjadi barang siap paki tetapi pembelian barang (penyetokan barang). Dalam hal ini dari departemen produksi mempunyai 3 macam transaksi pembelian barang yaitu STP (standar repeat), repeat order dan kongsi
1. STP
Yaitu dimana dari pihak suplaiyer menyetok buku terbaru tanpa harus diminta dari pihak toko buku dan untuk harga beli lebih murah (berkisar 35-50% dari harga jual). Dan bila tidak laku barang bisa diretur.
2. Repeat Order
Yaitu dimana pihak toko buku meminta dari pihak suplayer untuk menyetok buku atau barang yang habis terjual. Dan barang tidak bisa kembali
3. Kongsi
Yaitu barang titipan yang harga belinya atau untung yang diambil lebih sedikit.

Beberapa pihak suplayer yang telah menjalin kerjasama yaitu :
Madu Salamah, takanah juo, Indiva, yuma perkasa, An-najah, Pustaka Arafah, Ar-risalah, Majalah Adzakia, MAjalah Al-hidayah, Sarana Hidayah, Hidayatul Islam, Mutiara Amaly, Zam-zam, Fahroni, Iltizam, Hidayatullah, Muqowwam, Rafa’ Fasion, Aqwam dll.

B. Deskripsi Manajemen Pemasaran
Setiap perusahaan dimana saja menginginkan agar perusahaan dapat bertahan hidup dan berkembang. Untuk itu perlu dilakukan strategi dan perencanaan yang matang khususnya di bidang pemasaran. Dalam dunia persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan hidup dan berkembang. Oleh karena itu divisi pemasaran dituntut untuk memahami permasalahan pokok di bidangnya, dan menyusun strategi agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan perusahaan. Pemasaran berarti bekerja dipasar untuk mewujudkan pertukaran potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Pemasaran mengandung arti semua kegiatan manusia yang berlangsung dalam hubungannya dengan pasar.
Dalam proses pemasaran ditoko buku Arafah ini mempunyai banyak cara untuk menari pelanggannya. Dalam konteks pemasaran atau teori pemasaran yaitu meliputi 4P : Prize, Product, Place, Promotion. Hal ini diterapkan disini dan responnya pun sangat mengesankan.
1. Product
CV. Arafah yang satu ini bergerak dibidang penjualan buku dengan produk utamanya dengan produk pendamping seperti obat-obatan Islami (Tibunnabawi), fotocopy, cafe, pakaian/kaos muslim dll. Dengan produk-produk ini semua konsumen dimanjakan dengan segala macam kebutuhan dan bahkan produk yang dijual pun sesuai sunnah nabi serta yang difirmankan al-Qur’an.
2. Place ( Tempat/lokasi)
Lokasi dari toko buku ini berada ditengah-tengah tempat pendidikan (pondok pesantren dan beberapa sekolah dari TK-SD) dan berada ditengah-tengah kampung. Sehingga perdagangan yang berpusat penjualannya dibidang intelektual yaitu buku-buku, maka hal tersebut sangat menunjang pendidikan dan bahkan sangat dibutuhkan didunia pendidikan. Sangat jarang sekali toko buku berada ditengah-tengah masyarakat. Lokasi ini sangat strategis.
3. Promotion
Untuk promosi pada toko buku Arafah ini biasanya melalui iklan diradio dengan produknya, mengadakan bedah buku, diskusi, lomba TPA yang bertemapat dilokasi toko buku yang bertujuan mengundang dan sekaligus mengenalkan toko buku Arafah.
4. Prize (harga)
Disisni semua produk buku berdiskon. Dari 5-35% dari harga pasar. Dalam hal promosi ini toko buku Arafah bekerjasama dengan BMT arafah dan BMI Solo. Untuk pelanggan yang mempunyai kartu member arafah akan mendapat diskon tamabahan dan beberapa fasilitas. Di Arafah untuk nama kartu anggotanya yaitu member ACC dan member ini ada 2 macam yaitu ACC premium dan Gold ACC.
a. Untuk ACC Premium, pelanggan harus melakukan pembelian minimal 50.000 dan sudah menjadi member ACC premium. Member ACC premium ini bekerjasama dengan BMT Arafah dan otomatis menjadi nasabah/anggota BMT Arafah.
b. ACC Gold, pelanggan harus melakuakan transaksi pembelian minimal 100.000. dan ACC ini bekerja sama dengan BMI solo. Untuk member ini dikenakan biaya regristrasi sebesar 35.000 untuk memperoleh card member dan menjadi nasabah BMI.
Dengan adanya member ACC tersebut akan menembah antusias para pelanggan.
Selain member card, toko buku Arafah juga menyediakan fasilitas yang lain untuk memanjakan pelanggannya. Disini para konsumen yang melakukan transaksi minimal 100.000 akan mendapatkan majalah Arafah, sovenir, voucher makan di cafe dan bahkan pembelian produk yang sama minimal 3 buah akan mendapat diskon tamabahan sebesar 5%.
Dengan itu semua, para pelanggan akan merasa mendapat pelayanan, fasilitas terbaik. sehingga pelanggan tidak akan bosan untuk berkunjung lagi.

C. Deskripsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
Karyawan merupakan asset perusahaan, bukan semata-mata sebagai faktor produksi/pekerja. Keberhasilan usaha sangat ditentukan oleh faktor manusia sebagai pelaku-pelaku usaha. Karyawan harus mengerti dan paham akan tugasnya, mau belajar, menguasai pekerjaannya dan mampu menjalankan tugas sesuai dengan peran dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
Untuk memperoleh atau mencari karyawan biasanya CV Arafah memasang iklan dikoran. Untuk proses rekrutmen karyawan diserahkan didevisi human, resourses and developmen (HR&D) yang nantinya akan ditempatkan dibeberapa unit usha CV Arafah. Untuk syarat hampir sama seperti perusahaan-perusahaan lain dan hanya ada tambahan seperti harus bisa mengaji, akhlak Islami.
Karyawan dari toko buku Arafah sendiri mempunyai 10 orang karyawan diantaranya : bagian kasir atau yang mengurusi toko buku ada 4 orang dan yang lainnya berperan dikantor. Untuk jam kerja karyawan ada 2 sesi yaitu dari jam 7.30-16.00 dan 13.00-21.00 serta untuk hari kerja sepekan.
Untuk rutinitas dari karyawan CV Arafah yang diwajibkan mengikuti yaitu tiap sabtu pagi diadakan tausiyah, hari Jum’at diadakan sepakbola dan hari rabu renang.
Tunjangan bagi karyawan di CV Arafah sangat banyak dan perusahaan ini sangat memperhatihkan karyawan. Tunjangan tersebut antara lain :tunjanganm kecelakaan, keluarga baru, sakit dll.

D. Deskripsi Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah suatu proses kegiatan yang berhubungan langsung dengan cara mengatur dan mengelola keuangan guna memperoleh efisiensi produksi dan operasi perusahaan dalam usaha mencapai keuntungan yang maksimal. Pencatatan persediaan yang digunakan dalam proses produksi, penentuan produk yang masih dalam proses, dan produk yang telah terjual didasarkan pada perhitungan fisik periodic yang biasanya dilakukan pada akhir tahun. Demi menjaga kestabilan laba maka dalam setiap menerima pesanan produk dari pelanggan dan persediaan produkj selalu memperhitungkan dari harga produksi.

Tugas Bagian Keuangan
1. Menyusun laporan-laporan :
a. Laporan transaksi harian Toko Buku.
b. Laporan rugi laba (laruba) Toko Buku.
2. Merekomendasikan buku-buku yang harus segera dipesan (insidental) kepada bagian pembelian dan memberi masukan/referensi produk yang diminati pasar (kategori buku laris) dan produk baru kepada bagian pembelian.
3. Keuangan/Penjualan ke kasir :
a. Memberikan pengarahan mengenai tugas-tugas kasir.
b. Melakukan pengawasan secara langsung dan mengevaluasi kinerja Kasir.
c. Memberikan masukan-masukan terhadap petugas kasir.
4. Merencanakan anggaran pendapatan dan biaya bersama dengan supervisor, pembelian
5. Menyetujui pengeluaran uang sesuai bukti pembayaran yang sah
6. Bertanggungjawab atas proses pencatatan dan pelaporannya
7. Secara insidentil mencocokan sisa persediaan barang menurut kartu persediaan dengan kondisi fisik yang ada digudang (dilakukan bersama-sama bagian gudang)
8. Menyiapkan laporankeuangan dan laporan manajemen lain secara berkala
9. Menyimpan bukti setor dan mengatur pembayaran utang pada saat jatuh tempo
10. Menyerahkan seluruh penerimaan uang kepada keuangan corporate untuk disetor brankas
11. Menerima setoran dari kasir tiap harinya
12. Menyimpan dan mempertanggungjawabkan sisa uang yang ada diperusahaan
13. Bertanggungjawab terhadap seluruh administrasi dan laporan mengenai keuangan
14. Membantu supervisor dalam melakukan control stock

Untuk laporan keuangan dari toko buku Arafah kurang berkenen untuk memberikan laporan keuangan dikarenakan dari pihak toko buku. tidak lengkap dan dirahasiakan.



BAB IV
PEMBAHASAN

A. ANALISIS DAN SOLUSI MANAJEMEN PRODUKSI
Beberapa hal yang dapat dianalisa dari manajemen produksi pada toko buku Arafah meliputi bagian tempat dan barang yang perlu dikritisi.
1. Tempat
Untuk ruang produksi dari Toko Buku Arafah sendiri masih kurang tertata. Ditempat yang lama, antara kantor dan gudang jadi satu. Jadi, tempat kelihatan berantakan. Belum adanya kantor yang terpisah dengan gudang.
2. Barang
Gudang adalah tempat penyetokan barang-barang yang akan dijual. Dengan jumlah barang yang begitu banyak dan tempat begitu kecil tidak memungkinkan untuk tempat menyimpan barang sebelum dijual. Untuk pengelompokan barang pun belum bisa dilakukan antara buku, obat-obatan, pakaian, asesoris dll.
3. Pendataan
Selain masalah tempat dan barang, juga terdapat masalah dengan pendataan barang. Barang yang sebenarnya sudah habis ataupun laku jarang sekali terditeksi. Atau bahkan barang yang sebenarnya belum laku atau rusak atau dinyatakan hilang tidak terditeksi. Bisa dikatakan barang habis tapi tidak ada pemasukan (untung).
Kelebihan dari manajemen produksi ini yaitu untuk akad transaksi pembelian barang. Semua barang rata-rata barang titipan dan barang yang tidak laku bisa diretur jadi beban produksi berkurang.

Solusi
1. Tempat
Memisahkan antara ruang produksi atau gudang dengan kantor .
2. Barang
Memperluas ruang produksi dengan membagi beberapa segmen untuk penyetokan barang
3. Pendataan
Barang yang masuk selalu dipantau yaitu dengan mengatur berapa barang yang harus keluar gudang untuk dijual.

B. ANALISIS DAN SOLUSI MANAJEMEN PEMASARAN
Pemasaran pada bidang ini berada pada toko bukunya. Hal-hal yang dianalisa dalam manajemen pemasaran adalah pada tempat/ toko buku dan kasir.
1. Tempat/toko buku
Setelah pindah tempat dari Jl. Semen Romo ke Jl. Lurik yang mempunyai temapat yang representattif karena temapat tersebut menjadi pusat penjualan Arafah dan tiapa unit Arafah tersedia disana. Tempat yang sekarang lebih luas dari tempat yang lama, akan tetapi untuk jumlah buku yang banyak sehingga banyak buku yang tidak kelihatan. Masalah dalam hal ini adalah penataan/ rak buku yang kurang efesien.

2. Kasir
Kasir sebagai tempat pembayaran barang yang telah dibeli konsumen. Disini program yang digunakan masih menggunakan exel, belum menggunakan program kasir. Sehingga barang tidak terkontrol. Kadang barang yang sebenarnya belum terjual dan belum ada pemasukan, barang tersebut tidak ada atau bisa dikatakan hilang dan tidak terditeksi.

Solusi
Membuat rak yang disesuaikan dengan jumlah judul buku yang ada. Sehingga cover dari buku tersebut kelihatan dan pelanggan tertarik untuk mendapatkannya. Biasanya pembeli itu tertarik pada cover yang menarik kemudian melihatnya dan akhirnya membelinya. Bukan ditumpuk cara penataannya.
Dalam kasir sendiri, diperlukan program kasir yang menunjang untuk transaksi penjualan. Semua barang yang berada ditoko baik jumlah, jenis sesuai barang yang berada ditoko.

C. ANALISIS DAN SOLUSI MANAJEMEN SEUMBER DAYA MANUSIA
Dalam hal sumber daya manusia pada toko buku Arafah yang menjadi analisis penulis adalah :
1. Tidak ada breefing
2. Evaluasi rutin hanya untuk Kabag tiap bulan sekali sedangkan untuk keseluruhan kondisional jika ada masalah saja.
3. Tidak ada pelatihan bagi karyawan yang ada untuk meningkatkan kinerja yang ada hanay pengajian rutin tiap minggu

Solusi
Untuk breafing antara karyawan sebaiknya dilakukan, paling tidak 2 kali seminggu. Hal ini dibutuhkan karena sebagai sarana untuk informasi dan agenda yang akan dilaksanakan kedepannya. Dan sebagai evaluasi hal-hal yang telah dilaksanakan. Untuk kedepannya, karyawan diberi pelatihan yang akan menambah kualitas skillnya. Hal ini diperlukan untuk kemajuan perusahaan itu sendiri.

D. ANALISIS DAN SOLUSI MANAJEMEN KEUANGAN
Dalam masalah keuangan ini pihak toko buku kesulitan untuk memberikan laporan keuangan dikarenakan masih belum bisa dan dirahasiakan.

E. ANALISIS SWOT
1. Kekuatan
Hal yang menjadi keunggulan dari toko buku Arafah ini adalah tempat yang strategis, manajerial yang bagus dari tiap periode. Sehingga toko buku ini tidak sepi pelanggan walaupun ada pesaing disekitarnya.
2. Kelemahan
Toko buku ini tidak pernah mengikuti acara yang diselenggarakan diluar sepserti book fair dan pameran. Menurut pemilik Arafah sendiri yang merupakan pendiri, beliau pernah berkata “toko buku ini tidak perlu ikut book fair karena tanpa ikut pun toko buku Arafah juga ramai”, kata beliau. Padahal dengan ikut acara tersebut maka, toko buku Arafah akan dikenal luas dikota Solo dan sekitarnya serta membangun relasi.
3. Peluang
Toko buku Arafah yang bertempat di tengah-tengah masyarakat serta lingkungan pendidikan menjadikan toko buku ini tidak akan sepi pelanggan. Toko buku yang semakin besar ini menjadikan
4. Ancaman
Toko buku ini mempunyai banyak sekali pesaing disekitar tempat yang sama. Walaupun kecil dan tidak sebesar toko buku Arafah tapi toko buku yang kecil ini selalu mengikuti acara-acara pameran yang toko buku arafah tidak ikuti. Dan ini menjadi ancaman bagi toko buku arafah kedepan.

BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
Toko buku Arafah dirancang sebagai toko buku berbasis syari’ah dan bersifat terbuka. Dikomplek Arafah Syariah Square yang resmi dibuka 27 Juli 2008. Toko buku Arafah berhasil mengubah image toko buku gaya konvensional yang hanya menyajikan buku serta stationery dengan konsep toko buku modern yang menyediakan ruang multiguna dan berbagai fasilitas ynag lain. Seperti café, ruang diskusi, foto copydan barbershop. Tidak hanya menjual buku, toko buku arafah juga menyediakan produk obat-obatan herbal, alat-alat kesehatan, produk perawatan tubuh, produk fasion, souvenir, alat tulis dll. Memasuki toko buku, para pelanggan akan langsung menemukan kenyamanan. Desain toko dengan permainan elemen arsitektur Islami, mengkombinasikan beragam spesifikasi terintegrasi dan fleksibel. Tataletak merchandise menampilkan rak atau showcase yang diintegrasikan dengan partisi / dinding serta pencahayaan yang semakin dinamis dan memberikan efek sejuk meski terang. Pencahayaan dan perangkat lampu idbeberapa zona merchandise hanya menampakkan berkas cahaya, sehingga bidang elemen dan ruang keseluruhan terlihat bersih.
Sebagai toko buku yang memiliki basis komunitas muslim pecinta buku. Toko buku arafah memiliki berbagai program dan acara regular seperti bedah buku, pemutaran film, talk show, diskusi buku, temu penulis serta berbagai acara lain. Berangkat dari satu lokasi dingruku cemani Solo, toko buku Arafah akan segera meluaskan jaringannya untuk menjangkau wilayah komunitas buku. Di Indonesia.
Visi dari Arafah adalah Menjadi perusahaan yang berfungsi sebagai alat untuk mencari penghidupan yang layak dan bernilai ibadah dan dakwah Islamiyah melalui penerbitan buku-buku Islami dan cetak lainnya dengan pengelolaan secara professional dan berlandaskan syari’at Islami

B. Saran Dan Rekomendasi Bagi Toko Buku Arafah
1. Meningkatkan kualitas SDM
2. Meningkatkan kegiatan pemasaran, promosi yang gencar sehingga meningkatkan volume penjualan
3. Profesionalisme dan perfomance dalam bekerja agar di tingkatkan oleh seluruh karyawan
4. Untuk pembagian jam kerja lebih diperhatihkan
5. Pemberian sanksi bagi karyawan yang tidak disiplin
6. Manajer lebih memotivasi agar target target yang telah direncanakan dapat tercapai

C. Saran Bagi Kegiatan PPL Mendatang
1. Mekanisme pelaksanaan PPL harus sudah diterima Mahasiswa jauh sebelum kegiatan berlangsung.
2. Koordinasi Panitia PPL harus ditingkatkan, supaya tidak terjadi miskomunisi.
3. Dosen Pembimbing harus aktif mengontrol kondisi Mahasisawa dilokasi PPL.
4. Pelaksanaan PPL mendatang tetap mengusung tema entrepreneur untuk mengubah paradigma Mahasiswa untuk menciptakan lapangan pekerjaan bukan mencari pekerjaan.
5. Pemberian kuota kriteria jenis usaha pelaksanaan PPL perlu diperhatikan.